Didukung Oleh

Photobucket

IbuJari

Nasi Kuning Dengan Rice Cooker

Siapa yang tak kenal nasi kuning? Nasi kuning biasanya disajikan untuk acara-acara syukuran seperti ulang tahun, pernikahan, pertunangan, peresmian kantor atau rumah baru, dan segala acara yang sifatnya bersyukur atas sebuah anugerah. Rasanya yang gurih dengan aroma daun jeruk, santan dan sereh membuat nasi kuning terasa sangat istimewa. Itu sebabnya banyak orang yang sering rindu makan nasi kuning. Kalau membayangkan cara memasaknya yang rumit, pasti jadi malas ya untuk menyajikannya sebagai masakan harian… bagaimana kalau dimasak dengan cara seperti memasak biasa? Saya tunjukkan caranya :

Bahan : 

3 cangkir beras, cuci bersih, tiriskan

3,6 cangkir santan

1 lembar daun pandan

1 batang sereh

2 lembar daun jeruk purut

1 sdt garam (atau boleh ditambah sesuai selera)

1 sdm kunyit bubuk

Cara Memasak :

Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam rice cooker, masukkan semua bahan sisanya, aduk rata, lalu tutup rice cooker, nyalakan. Sekitar 5 menit kemudian buka rice cooker, aduk-aduk sebentar beras di dalamnya, lalu tutup lagi. Tunggu sampai rice cooker selesai memasaknya.

Gampang dan praktis kan? Sambil menunggu nasi matang siapkan lauk kegemaran keluarga ^_^

 

Maria Magdalena

About author
IbuJari. tempat ibu berbagi ilmu
14 total comments on this postSubmit yours
  1. Wahhhh….mantap tenan ikiiii :)
    Bisa praktek nih akhir pekan ini, lengkap resepnya ^_^
    Terimakasih sudah berbagi ^_*

    • sami-sami :) )

  2. naah ini lho yg kunanti2, resep praktis nan sehat & lezat!

  3. Mbak Maria, Mbak Ratna, mau cerita boleh ya, rice cooker di rumah mbuat nasi cepat basi. Aku heran banget. Masa kemarin pagi masak, pagi hari ini baunya udah ga enak plus agak basah (atau orang jawa bilang, jemek) gitu.

    Padahal berasnya yo ndak kualitas yang jelek, takaran airnya juga mestinya pas, wong pas masak enak tur pulen. Cuman yo itu, ga tahan lama. Padahal masaknya yo ga banyak, paling satu setengah mangkok makan bayi.

    Ya apa ya … enaknya apa ganti rice cooker atau diakali kayak apa ya? Mohon masukkannya, Mbak Ratna, Mbak Maria?

    Matur nuwun sanget sak derengipun.

    • Mbak Ameilia rice cookernya listriknya nancep terus ya? atau bagaimana manasin nasinya?

  4. Mb Amelia,
    aku sendiri kalau masak nasi pagi, malam pasti kumasukkan kulkas, pagi baru kupanasi lagi.
    di Tangerang sini udaranya panas & lembab, jadi nasi cepat rusak (kecuali penghangatnya dinyalakan terus, tapi sayang jadi boros listrik)

  5. Kalau aku, abis masak kabelnya dicabut, lalu sore menjelang malam ditancepin lagi untuk manasin. Setelah 1 jam kemudian dicabut kabelnya. Lalu besok pagi jam 5 sudah dipanasin lagi dengan cara yang sama. Tanpa dimasukkan kulkas masih awet nasinya.

  6. :)

  7. Ya nancep terus, Mbak … Kan rice cooker gabung magic jar, jadi ya nancep terus ke colokan. ???
    Mmm … aku coba dulu cara masak-cabut-colokin buat manasin ini.
    *masih terheran-heran, tyt magic jar kalau udah masak nasi dicabut ya colokannya.

    Tur nuwun responnya.

  8. menurut pengalaman saya jg begitu, kalau nancap terus nasi cenderung mudah basah

  9. Yahhh….kirain saya saja yang mengalami nasi di rice cooker cepat basi hehehe
    Ternyata banyak temannya :)
    Kalau saya juga cabut colok.
    Selesai masak dimatikan listriknya, nanti mau makan malam dipanasi.
    Tapi berhubung keseringan basi, jadi sekarang diakalinya, masak nasi secukupnya saja, jadi cukup sehari, makan malam habis deh nasi, jadi besok pagi masak lagi yang baru untuk sampai malam.
    Kalau kadang masih nyisa…ya terpaksa deh, masukin kulkas seperti C Ratna aja, biar ga sayang terbuang :)

  10. Maaf ikutan nimbrung ni ^_^
    kalau pengalaman saya sich, pas kita masak nasi di rice cooker air yang buat masak di kasih air perasan jeruk nipis setengah butir aja yang ukuran diameter jeruknya kurang lebih3 cm. tutup ricecookernya trus pencet tombol untuk memasak. Nasi jadi lebih putih dan baunya juga ga kayak nasi basi bisa tahan sampe besok siangnya kalo masaknya pagi. lumayan hemat :) . Saya aja sampe penasaran ada apanya ya air jeruk nipis itu? apa karena ada zat seperti sitruun atau acidum citricumnya? silakan mencoba ibu2 yang luar biasa, salam kenal ^_^

  11. Wah iya kok tidak ingat ttg tips ini ya… padahal saya pernah dikasi tahu tetangga. Tapi memang siy belum pernah praktek, jadinya gak inget :D

  12. Mba’ Mar,

    Permisi mba, aku mampir di Ibu Jari yaa mo nambah ilmu di sini sama ibu2 di Ibu Jari yg top markotop ilmunya.

    Christine

ibujari © 2014 All Rights Reserved

tempat ibu berbagi ilmu

Supported by Jejaring.org

Powered by WordPress